Lifestyle

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Rasa percaya diri adalah hal penting yang harus ada dalam diri manusia. Penumbuhan rasa ini pun harus diasah sedini mungkin. Terutama pada anak yang berusia dini agar saat dewasa rasa percaya anak menjadi lebih melekat. Berikut ini ada beberapa cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang bisa Anda terapkan sedari awal anak usia dini.

1. Kenalkan Kegiatan Lain

Pertama Anda harus mengenalkan dengan kegiatan lain. Misalnya saja apabila sebelumnya Anda memberikan mainan bola pada anak. Hari berikutnya Anda bisa berikan layang-layangan. Jika sebelumnya Anda mengajak bersama anak memainkan bola di dalam rumah, maka sekarang cobalah untuk bermain di luar rumah untuk bermain layangan tersebut.

Pertama ajarkan kepada anak mulai dari cara memegang layangan hingga cara menerbangkannya. Ajarkan juga cara menangani angin yang kencang, segala risiko termasuk layangan putus dan mengejar layangan tersebut. Ajarkan kepada anak secara terperinci. Berkomunikasilah kepada anak selayaknya Anda berkomunikasi dengan orang dewasa namun dengan gaya ciri khas anak.

2. Biarkan Bereksplorasi

Apabila Anda sudah mengajarkannya mengenai hal lain yang baru anak kenal, saatnya anak mengeksplorasi dari kegiatan barunya. Saat anak sedang asik mengeksplorasi kegiatan tersebut, jangan biarkan anak melakukannya sendiri. Namun, Anda sebagai orangtua harus mengawasi segala kegiatan atau aktivitas anak. Pada saat ini, sebagai orangtua jangan pernah sekali-kali untuk melarang anak jika itu adalah aktivitas yang baik sebagai bahan eksplorasi anak.

Apabila Anda ingin melarang, Anda bisa memberitahukannya dengan baik bahwasannya aktivitas atau kegiatan tersebut tidak baik untuk dilakukan. Sertakan juga alasan kenapa Anda menerangkan hal tersebut dilarang. Jelaskan juga kepada anak mengenai semua risiko yang anak lakukan. Baik itu risiko yang paling ringan hingga risiko yang berat sekalipun.

3. Mendukung Kegiatan

Berikutnya adalah mendukung. Mendukung ini merupakan hal yang sangat penting juga untuk menumbuhkan dan mengembangkan rasa percaya diri anak. Apalagi orangtua adalah orang pertama yang harus ada untuk anak. Keluarga terutama orangtua adalah lingkungan pertama yang harus ada untuk anak.

Jangan pernah untuk judge atau menghakimi bahkan merendahkan anak. Hal ini merupakan hal yang paling cepat menyurutkan rasa percaya diri, apalagi kalau tipe anak adalah tipe yang susah untuk membangun rasa percaya diri, anak yang pendiam, pemalu. Oleh karena itu, dukungan sangat penting bagi anak

4. Menghargai Setiap Usaha

Menghargai segala usaha yang dilakukan anak adalah salah satu bentuk dari mendukung sekaligus berimbas kepada rasa percaya dirinya. Misalnya saja, Anda menyuruhnya untuk mengambilkan air putih sebagai bekal tambahan komposisi memasak.

Apabila anak mengambilkan air putih dalam jumlah yang banyak, jangan pernah memakainya. Sekalipun tidak sesuai dengan yang Anda harapkan, Anda harus menghargainya karena telah memiliki niat untuk membantu. Ini juga merupakan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak untuk berani membantu.

Demikianlah beberapa cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang bisa Anda mulai sedini mungkin. Jangan lupa untuk selalu membersamai anak terutama pada saat anak sedang mengalami kesulitan. Biarkan anak mengambil keputusannya dan Anda sebagai orangtua cukup membersamai saat itu. Dengan begitu, akan membentuk rasa percaya diri anak meskipun tidak langsung.