Others

Inilah 7 Tahap Mengganti Oli dengan Tepat

Inilah 7 Tahap Mengganti Oli dengan Tepat

Mengganti oli merupakan salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin bagi pemilik mobil. Biasanya oli harus diganti setiap 5.000 kilo meter perjalanan atau sekitar 6 bulan. Ada dua cara untuk mengganti oli, yakni dengan membawa ke bengkel ganti oli atau mengganti oli sendiri. Jika Anda memiliki latar belakang yang cukup tentang otomotif, mengganti oli bisa Anda lakukan sendiri.

Proses penggantian oli bisa dikatakan gampang-gampang susah untuk dilakukan. Dikatakan gampang karena secara garis besar mengganti oli adalah membuang oli yang lama dan menggantinya dengan oli yang baru. Namun, juga dikatakan susah karena memerlukan ketelitian yang tinggi, baik itu saat menguras oli sampai bersih dan menggantinya dengan sempurna tanpa mengganggu fungsi komponen lainnya.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat ganti oli mesin. Jika memungkinkan, Anda bisa mengaplikasikan cara-cara ini.

Tahapan Mengganti Oli Mobil

  1. Mengangkat mobil

Langkah yang pertama adalah mengangkat mobil Anda. Untuk melakukannya, angkat mobil dengan menggunakan dongkrak dan penyangga. Pastikan penyangga yang dipasang telah berada pada posisi yang tepat. Posisi yang salah dapat membuat mobil Anda rusak. Saat menggunakan dongkrak, jangan lupa untuk mengganjal ban dengan balok untuk memastikan keamanannya.

  1. Memanaskan mobil

Setelah mobil berhasil diangkat dan disangga, panaskan mobil sekitar 2 hingga 3 menit. Hal ini berfungsi agar oli menjadi sedikit lebih encer dan dapat mengalir lebih cepat ketika dikeluarkan. Pada oli yang masih dingin biasanya akan tercampur oleh kotoran dan partikel padat. Selagi menunggu mesin hidup, Anda bisa menyiapkan alat-alat yang diperlukan seperti oli baru, baki, kertas koran bekas, senter, dan kunci.

  1. Membuka penutup oli

Selanjutnya, ketika mesin dirasa sudah cukup panas, buka penutup oli. Buka bagian kap mesin dan cari penutup oli, biasanya terdapat di bagian atas mesin. Di tempat inilah nanti Anda akan mengganti oli yang lama dengan yang baru. Dengan membuka tutup oli, proses pembuangan oli yang lama akan menjadi lebih mudah karena terdapat aliran udara di silinder.

  1. Mencari bak oli

Bak ini berfungsi untuk menampung oli yang akan dibuang. Anda bisa melapisinya dengan kertas koran bekas agar oli tidak memercik keluar baki. Letakkan baki ini tepat di bagian bawah lubang pembuangan. Selain baki, Anda juga bisa menggunakan tempat penampungan lain seperti gayung, kaleng bekas, dan lain-lain.

  1. Membuka baut penutup

Kendurkan baut penutup dengan cara memutarnya berlawanan arah dengan jarum jam. Jika Anda memiliki cukup ruang untuk bergerak, Anda bisa menggunakan kunci sok agar lebih mudah. Oli akan mengalir keluar ke bak penampungan setelah Anda membukanya. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai baut jatuh ke dalam tampungan oli karena akan susah untuk diambil.

Untuk mengambil baut yang terjatuh di oli, Anda harus menggunakan bantuan magnet. Cara lain untuk mengambil baut tersebut adalah dengan menggunakan corong. Pada proses ini, mungkin Anda harus merelakan pakaian Anda berlumuran dengan oli. Agar memudahkan dalam membereskan nantinya, letakkan beberapa lembar koran bekas untuk menampung oli yang tercecer.

Tunggu beberapa saat hingga oli lama keluar semua dari lubang pembuangan. Setelah dipastikan tidak ada oli lama yang tersisa, tutup kembali baut penutupnya. Kencangkan dengan tangan supaya baut tetap aman dan kencangkan lagi dengan kunci pas.

  1. Menuangkan oli baru

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menuangkan oli yang baru. Pastikan oli tersebut sudah cocok dengan jenis mobil Anda, baik dari segi kapasitas maupun jenis olinya. Tuangkan perlahan dan dengan hati-hati agar tidak tumpah. Untuk membantu, gunakan corong supaya aliran oli menjadi stabil dan aman.

  1. Merapikan

Proses penggantian oli sudah selesai. Saatnya untuk merapikan oli-oli yang masih berceceran, baik itu di sekitar lubang oli maupun di bagian bawah mobil. Kumpulkan kertas koran yang digunakan untuk menampung ceceran oli ke tempat sampah. Setelah itu, Anda bisa membuang oli bekas dari mobil Anda.

Itulah tadi cara untuk mengganti oli secara mandiri dengan tepat. Namun, untuk memastikan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan layanan ganti oli dari Otomall.id. Otomall.id merupakan platform yang sudah terpercaya untuk memesan layanan servis rutin dan ganti oli. Garansi 100% layanan dan spare part sudah cukup membuktikan bahwa layanan Otomall.id bukan abal-abal.