Others

Tips Memilih Susu Terbaik untuk Anak dari Sahabat Nestle

Tips Memilih Susu Terbaik untuk Anak dari Sahabat Nestle

Susu adalah minuman sehat yang wajib dikonsumsi anak-anak. sejak kecil, anak sudah diberi ASI sebagai asupan terbaik. Seiring bertambahnya usia, konsumsi susu formula menjadi asupan pokok untuk menunjang tumbuh kembangnya. Menurut Sahabat Nestle, memilih susu anak harus mempertimbangkan berbagai hal penting. Inilah tips memilih susu terbaik untuk buah hati tercinta.

  1. Memilih Susu Berkualitas

Membeli susu formula untuk anak memang boleh asal pilih. Anda harus memilih produk berkualitas. Bagaimana kriteria susu yang berkualitas itu? Susu formula yang berkualitas adalah yang berasal dari produsen resmi, sehingga terpercaya dari proses pembuatannya sampai pengemasannya.

Kandungan gizinya juga akan lengkap. Pembuatan susu formula ini juga mempunyai banyak varian berdasarkan usia dan rasa, sehingga benar-benar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera anak. Agar mendapatkan produk berkualitas ini, pilihlah susu formula dari merek terpercaya. Perhatikan spesifikasi produknya dan sesuaikan dengan kebutuhan juga selera si kecil.

  1. Memperhatikan Jenis Protein Susu

Protein susu adalah komponen utama yang mendukung tumbuh kembang anak agar optimal sesuai usianya. Jadi, sangat penting memilih susu dari segi proteinnya. Dalam susu formula, terdapat dua jenis protein susu yaitu casein dan whey.

Pada dasarnya, protein susu whey adalah yang direkomendasikan. Akan tetapi, Anda bisa memilih produk sufor yang menggabungkan whey dan casein dengan perbandingan 60: 40. Rasio ini setara dengan kandungan protein di dalam ASI. Sangat baik jika menyesuaikannya demi terpenuhinya protein terbaik untuk anak lewat susu formula ini.

  1. Memperhatikan Komposisi Gizi

Kandungan gizi yang terkandung dalam susu formula juga harus dipastikan lengkap. Pastikan terdapat zat besi, kalsium, vitamin D, dan kaya asam amino esensial (AA, DHA, AL, AAL) yang semuanya mampu mengoptimalkan fungsi susu sebagai sumber gizi penunjang peningkatan fungsi otak dan motorik anak.

  1. Menyesuaikan Usia Anak

Memilih susu formula juga harus menyesuaikan dengan usia anak. Hal ini terkait dengan komposisi gizi tertentu yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak sesuai usianya. Porsi setiap nutrisinya juga sudah ditakar agar mampu memenuhi kebutuhan gizi anak. Oleh karena itu, pilihlah susu formula sesuai usia buah hati agar proses tumbuh kembangnya lancar dan optimal sesuai usia.

  1. Memilih Susu Khusus Jika Ada Alergi

Perlu diperhatikan pula jika anak mempunyai alergi susu. Reaksi alergi yang dialami seperti ruam di kulit, perut kembung, gatal-gatal, dan sebagainya. Jadi, perhatikan kondisi anak secara berkala apakah mengalami reaksi alergi atau tidak.

Jika memang timbul reaksi alergi, maka direkomendasikan susu kedelai karena kandungan proteinnya lebih rendah dan aman karena protein nabati. Hal ini berkaitan juga dengan reaksi alergi susu yang timbul karena kandungan protein susu sapi yang tinggi. Konsultasikan persoalan ini kepada dokter untuk mengetahui solusi yang terbaik.

  1. Memperhatikan Kemasan dan Tanggal Kedaluwarsa

Kualitas susu formula juga harus diperhatikan lewat kondisi kemasan dan tanggal kedaluwarsa. Meskipun susunya berkualitas dari merek terpercaya, tetap saja pastikan kemasannya masih utuh dan layak konsumsi sebelum kedaluwarsa. Jangan ceroboh karena efeknya bisa mengakibatkan anak mengalami gangguan kesehatan akibat susu tak layak konsumsi.

Itulah berbagai pertimbangan penting yang wajib diterapkan saat memilih susu formula untuk anak. Menurut platform Sahabat Nestle, kebutuhan anak terhadap susu formula harus dipenuhi mengingat susu sebagai sumber gizi tertentu yang menunjang tumbuh kembang anak. Formula khususnya sangat sesuai meningkatkan perkembangan diri anak sesuai usia.