Lifestyle

Tips Saat Melakukan Servis Mobil Berkala

Tips Saat Melakukan Servis Mobil Berkala

Para pemilik mobil seringkali tidak terlalu peduli jika sudah membahas tentang servis mobil secara rutin. Banyak yang menganggap sepele hal ini karena merasa tidak ingin menghabiskan uang untuk servis mobil saat mobil masih dalam keadaan yang bagus.

Padahal, servis mobil secara rutin bisa dikatakan sebagai pengecekan saja untuk mencegah kerusakan yang parah pada mobil. Ada baiknya mobil dilakukan servis berkala dengan biaya yang lebih sedikit dibandingkan saat sudah terjadi kerusakan parah sehingga dana yang dibutuhkan tentu saja akan lebih tinggi.

Tips Servis Mobil

Setiap orang pasti tidak ingin ada masalah pada mobil kesayangannya karena tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk masalah perbaikan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka harus dilakukan servis berkala.

Performa mobil akan lebih terjaga apabila dilakukan servis berkala. Berkendara juga akan tetap nyaman dan aman serta dapat menghemat biaya. Servis mobil berkala umumnya hanya melakukan pengecekan komponen apakah masih layak pakai atau harus diperbaiki. Tips dalam melakukan servis mobil yaitu :

  1. Gunakan sparepart asli

Seringkali saat melakukan servis disarankan untuk mengganti sparepart tertentu karena sudah tidak layak pakai dan agar tidak memperparah kerusakan. Namun terkadang sparepart yang diberikan tidak diketahui keasliannya dan hanya asal pasang saja.

Penggunaan sparepart yang tidak asli dapat berdampak pada mesin mobil sehingga menurunkan performa bahkan akan lebih cepat rusak sehingga anda harus kembali lagi ke bengkel dalam waktu yang singkat. Sebagai pemilik mobil, sebaiknya anda cermat dalam memiliki suku cadang yang asli.

  1. Gunakan BBM sesuai dengan kebutuhan mesin

Bukan hanya penggunaan suku cadang saja yang disarankan harus asli namun penggunaan BBM juga harus sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Hal ini karena setiap mobil memiliki spesifikasinya masing-masing sehingga membutuhkan BBM yang berbeda-beda. Banyak pemilik mobil yang seringkali memaksa mengisi BBM dengan oktan rendah padahal mobil tersebut membutuhkan BBM dengan oktan tinggi.

arga BBM beroktan rendah memang memiliki harga lebih murah hanya saja jika memang tidak sesuai dengan mesin mobil maka akan membuat kinerja mesin mobil menjadi tidak optimal. Umur komponen mobil juga akan menjadi lebih pendek sehinga lebih cepat rusak.

  1. Rawat ban kendaraan

Mobil akan lebih tahan lama apabila dilakukan servis secara berkala. Sama seperti ban mobil yang juga penting untuk menjalankan mobil dan juga untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Apabila kondisi ban sedang tidak baik maka dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

  1. Pahami jadwal servis berkala

Setiap mobil memiliki jadwal servis berkala yang berbeda-beda namun umumnya disarankan untuk diservis setiap menempuh jarak 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk pemakaian mobil yang normal. Apabila mobil sering digunakan pada jalanan yang tidak normal seperti jalanan menanjak, bebatuan, melewati jalanan macet, pada kecepatan tinggi atau sering mengangkut beban berat maka jadwal servis mobil akan lebih cepat.

Pada nyatanya mesin mobil beroperasi jauh lebih lama dibandingkan waktu yang seharusnya karena sering kali mengalami kemacetan di jalan terutama di pusat kota. Mobil yang sering melewati kemacetan tentu akan berdampak pada performa mesin mobil. Maka dari itu jadwal servis mobil haruslah berdasarkan penggunaan mobil itu sendiri karena semakin sering mobil digunakan dalam kondisi yang tidak normal maka jadwal servis akan lebih cepat.

Selain itu, servis berkala juga disarankan untuk melakukan pengecekan komponen mobil lainnya seperti rem, ban, setir kemudi, suspensi, hingga kaki-kaki mobil termasuk pengecekan AC dan juga penggantian filter. Pengecekan ini dilakukan untuk mencegah kerusakan dan menambah usia mobil.

Apabila anda tidak memiliki banyak waktu untuk membawa mobil ke bengkel, anda bisa menghubungi montir panggilan di Montir.id. Teknisi Montir.id akan memberikan respon yang cepat dan langsung datang ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan baik itu ke rumah maupun ke kantor. Anda tidak perlu khawatir karena teknisi sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya masing-masing dengan memberikan pelayanan yang memuaskan.